sidraptimur.com, Badung – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan proyek tol langit atau dahulu disebut Palapa Ring akan tetap dikerjakan meski Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate jadi tersangka kasus korupsi menara base transceiver station (BTS).

Proyek ini masuk dalam daftar proyek strategis pembangunan nasional 2021-2024.

“Proyek tol langit itu kan program strategis nasional. Karena itu, apapun yang terjadi, misalnya adanya kemungkinan korupsi, tol langit akan terus (dikerjakan),” kata Ma’ruf Amin di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (23/5/2023).

Menurut Ma’ruf Amin, posisi Johnny G Plate sudah diisi oleh pejabat sementara. Sayangnya, ia belum menyebut siapa sosok pejabat yang akan mengisi posisi tersebut.

Meski demikian, Ma’ruf Amin menyebut proyek ini sangat membantu Indonesia, khususnya dalam hal pemerataan internet. Seperti untuk menyampaikan perkembangan nasional, keberhasilan ekonomi, dan juga digunakan untuk belajar jarak jauh.

Selain itu, kata dia, fungsi adanya internet merupakan bagian dari upaya dalam menyatukan dan mewujudkan NKRI.

“NKRI tidak hanya kita wujudkan dalam bentuk politik, tapi sifatnya pembangunan jalan, pembangunan fasilitas dasar, dan termasuk fasilitas internet komunikasi itu menjadi bagian membangun NKRI yang harus dibenahi,” tuturnya.

Karena itu, Ma’ruf Amin menyebut sangat dibutuhkan perencanaan dan pengawasan dalam hal pengurusan proyek ini. “Pengawasan itu sudah harus dilakukan sebelum perencanaan. Audit baru dimulai kalau terjadi penyimpangan,” pungkasnya.

Baca Juga:   Menteri Ketenagakerjaan Sambut Positif Inisiatif Gravel, Mendorong Lapangan Pekerjaan di Sektor Konstruksi