Sidraptimur.com, Enrekang – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Enrekang resmi dilantik oleh Ketua PW IWO Sulawesi Selatan (Sulsel), Zulkifli Thahir SE, yang digelar di Baruga Rujab Enrekang, Kamis, 25 Mei 2023.

Pelantikan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain, Ketua DPRD, Bupati, Dandim, Kapolres, Ketua KPU, Kadis Kominfo dan staf, para Ketua PD IWO daerah dari Toraja Raya, Wajo, Sidrap, Maros dan Pinrang.

Dalam arahannya, Ketua PW IWO Sulsel, Zulkifli Thahir SE, memberi pesan penting terkait dilantiknya PD IWO Enrekang untuk masa bakti 2023-2028 yang dipimpin oleh M Zulfikar Khm tersebut.

Di awal pernyataannya, Zulkifli mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Enrekang, Muslimin Bando, atas penyambutan yang dianggapnya sangat luar biasa.

Zulkifli memuji perhatian dan kepedulian yang sangat besar Bupati Muslimin Bando terhadap wartawan, terutama jurnalis yang berada di bawah naungan PD IWO Enrekang yang baru saja ia lantik tersebut

Selanjutnya, Zulkifli menitipkan PD IWO Enrekang kepada Bupati Muslimin Bando dengan harapan bahwa kedepannya hubungan antara PD IWO dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang dapat semakin erat dan saling mendukung sekarang dan ke depannya.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli juga mengingatkan PD IWO agar menjalin hubungan sinergitas dengan berbagai pihak diluar Pemkab Enrekang, antara lain Polres, Kodim, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Rutan, KPU, Bawaslu dan lainnya, termasuk organisasi sejenis.

Memasuki pesan intiny, Zulkifli menjelaskan berbagai hal yang terkait dengan tema yang diangkat oleh panitia pelantikan, yaitu “Menjaga Marwah Jurnalis yang Merdeka, Profesional, Integritas, dan Sejahtera.”

Menurut Zulkifli, bahwa menjaga marwah jurnalis yang merdeka dapat dimaknai sebagai menjunjung tinggi kebebasan pers dan memastikan bahwa wartawan memiliki kebebasan untuk menyampaikan informasi yang objektif kepada masyarakat.

Baca Juga:   Banjir Parah Enrekang, H. Zulkifli Zain Serahkan Bantuan Darurat Ambulans dan Uang Tunai

Selain itu, Zulkifli juga menekankan pentingnya menjaga profesionalitas dalam dunia jurnalistik. Seorang jurnalis profesional harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam melaksanakan tugasnya.

Lebih lanjut, Zulkifli menjelaskan bahwa integritas adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Jurnalis yang berintegritas harus memiliki moralitas yang tinggi, menjaga independensi, dan menghindari praktek-praktek yang merugikan kepentingan publik.

Terkait dengan jurnalis sejahtera, Zulkifli Thahir mengingatkan para jurnalis untuk menjalin kerjasama yang lebih baik dengan mitra-mitra startegis dan memanfaatkan sumber pendapatan yang halal.

Ia juga menekankan bahwa tidak seharusnya para jurnalis menghalalkan segala cara untuk mencapai kesejahteraan pribadi, melainkan harus berkarya dengan baik, karena melalui
karya yang berkualitas, para jurnalis dapat meraih kesejahteraan yang layak.

Dalam pesannya kepada jurnalis yang berada di bawah naungan PD IWO Enrekang, Zulkifli Thahir menegaskan, “Jangan menghalalkan segala cara untuk mencapai kesejahteraan. Berkaryalah dengan dedikasi dan integritas, karena karya yang baik akan menghasilkan kesejahteraan bagi kita semua.” pintanya.

Pelantikan pengurus PD IWO Enrekang ini, sambungnya, merupakan langkah penting dalam memperkuat organisasi wartawan online di tingkat daerah. PD IWO Enrekang diharapkan dapat menjadi wadah yang mampu mendorong kebebasan pers, meningkatkan profesionalitas wartawan, menjaga integritas, serta memperjuangkan kesejahteraan para jurnalis.

Sementara itu, Bupati Enrekang, Muslimin Bando, tidak lupa menyampaikan apresiasi atas dilantiknya pengurus PD IWO Enrekang dan berjanji untuk terus mendukung dan menjalin kerja sama yang baik dengan PD IWO dalam mendukung kebebasan pers dan pembangunan di Kabupaten Enrekang.

Dalam acara pelantikan PD IWO Enrekang itu, Muslimin menyampaikan bahwa dirinya dan pemerintah sesungguhnya tidak pernah alergi kritik. Asalkan, kata dia, kritik yang diberikan konstruktif disertai dengan solusi serta tidak ditumpangi dengan hal-hal untuk sarat dengan kepentingan

Baca Juga:   "Misteri Hilangnya Suhardi, Peternak Sapi yang Terseret Arus Sungai di Enrekang"

Dari atas podium, Muslimin menyampaikan harapannya agar jurnalis yang bernaung di IWO Enrekang itu senantiasa menunjukkan komitmennya uuntuk menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, memperjuangkan kebebasan pers, mengedepankan profesionalitas, menjaga integritas, serta memperjuangkan kesejahteraan jurnalis di Kabupaten Enrekang.

Dengan dilantiknya PD IWO Enrekang yang baru, harap Muslimin, diharapkan keberadaannya bisa memberi warna dan bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam memajukan daerah

Bupati Muslimin menyambut baik pelantikan pengurus PD IWO Enrekang, bahkan mengapresiasi peran yang dimainkan oleh wartawan dalam menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat. Ia berjanji untuk terus mendukung keberadaan PD IWO Enrekang dan menjalin sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan media dalam mendorong kemajuan Enrekang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PD IWO Enrekang yang baru dilantik, Zulfikar menyampaikan komitmennya untuk mengemban tugas dengan profesionalitas dan integritas tinggi.

Zulfikar dan pengurusnya berjanji akan terus bekerja keras untuk menjaga independensi jurnalis, memberikan pemberitaan yang berkualitas, dan memperjuangkan hak-hak serta kesejahteraan anggota PD IWO Enrekang.

Dengan pelantikan ini, diharapkan PD IWO Enrekang dapat menjadi wadah yang menghimpun para jurnalis online di Kabupaten Enrekang, memperkuat solidaritas dan kerja sama antar wartawan, serta melindungi kebebasan pers dalam menjalankan tugas jurnalistik yang berkualitas (*)