Bagikan

SIDRAPTIMUR.COM, SIDRAP – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sidrap menyelenggarakan workshop jurnalistik digital dengan tema “Navigasi di Era Media Digital: Menguasai Keterampilan Jurnalistik untuk Sukses dalam Dunia Digital”. Acara ini dihadiri oleh wartawan dan praktisi media yang ingin meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam jurnalistik digital.

Workshop ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidrap pada hari Sabtu, 15 Juli 2023, dimulai pukul 09.00 WITA. Dalam workshop ini, para peserta akan mendapatkan materi yang disampaikan oleh para pemateri yang ahli di bidangnya.

Keynote speaker dalam acara ini adalah H. Bachtiar, S.Hi., M.Si., Kadis Kominfo Kabupaten Sidrap, yang akan membuka workshop ini dan memberikan pandangan tentang pentingnya penguasaan keterampilan jurnalistik dalam era media digital.

Beberapa pemateri yang akan berbicara dalam workshop ini antara lain Zulkifli Thahir., S.E., Ketua PW IWO Sulsel/Pemimpin Redaksi Koran Makassar. Bang Cule, sapaan akrabnya, akan membahas perkembangan jurnalistik digital, mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam jurnalistik digital, serta memahami peran teknologi dalam transformasi media. Pemateri ini juga akan membahas tentang penulisan berita untuk media digital, termasuk dalam membangun isi yang menarik dan relevan.

Edy Basri., S.H., Ketua PD IWO Sidrap/Pemimpin Redaksi Katasulsel.com, juga menjadi pemateri dalam workshop ini. Dia akan memaparkan materi tentang cara mengembangkan headline yang menarik untuk media digital, menulis lead yang efektif, serta menerapkan gaya penulisan yang sesuai dengan media digital. Selain itu, pemateri ini akan membahas penggunaan media sosial dalam jurnalistik dan rahasia menembus Google News.

Alfiansyah Anwar, S.Ksi, M.H., Dosen IAIN Parepare & Direktur Pijarnews.com, akan membahas peran media sosial dalam jurnalistik digital serta kode etik jurnalistik. Yang bersangkutan akan memberikan pemahaman tentang bagaimana membangun kehadiran media sosial yang efektif, menggunakan alat dan strategi untuk memperluas jangkauan dan engagement, serta pentingnya penyuntingan dan verifikasi berita digital dalam membangun integritas jurnalistik. Pemateri ini juga akan membahas kode etik jurnalistik yang perlu dipahami oleh wartawan dalam era media digital.

Baca Juga:   Refleksi Akhir Tahun 2023: IWO Sidrap Bersyukur atas Dukungan Penuh dan Kemitraan yang Erat

Herwandi Baharuddin., S.H., M.H., Pemimpin Redaksi Mitrasatu.com, akan membahas prinsip penyuntingan berita digital. Dia akan menjelaskan metode verifikasi berita yang efektif, mengatasi tantangan kecepatan dan akurasi dalam jurnalistik digital, serta etika dan tantangan hukum dalam jurnalistik digital yang perlu dipahami oleh jurnalis. Pemateri ini akan membahas tanggung jawab jurnalis dalam menjaga integritas dan keberimbangan berita, serta pentingnya memahami perizinan dan hukum yang berlaku bagi media siber.

Arifuddin Beddu., S.H., M.Kn, seorang mantan jurnalis dan praktisi media, akan menjadi pemateri terakhir dalam workshop ini. Arbed, panggilan akrabnya, akan membahas masalah etika unik dalam jurnalistik digital, isu hukum terkait jurnalistik digital, perlindungan privasi, serta pentingnya perizinan media online dan situs berita sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, khususnya UU Pokok Pers.

Ketua Panitia, Supriatno, yang juga merupakan Anggota Sumber Daya Manusia (SDM) PD IWO Sidrap, menyatakan, “Workshop ini merupakan kesempatan bagi para wartawan dan praktisi media untuk mengembangkan keterampilan jurnalistik digital mereka. Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh pengetahuan yang berharga dan meningkatkan kualitas karya jurnalistik mereka dalam era media digital.”

Ketua PD IWO Sidrap, Edy Basri, juga menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja PD IWO Sidrap yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota dalam menghadapi tantangan media digital. Dengan mengikuti workshop ini, para peserta diharapkan dapat menguasai keterampilan jurnalistik digital yang dapat membantu mereka sukses dalam dunia digital.

Bagi yang tertarik mengikuti workshop ini, dapat menghubungi Nono di nomor kontak 081944391866. Tempat pelaksanaan workshop adalah Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidrap, yang beralamat di Jl. Ganggawa No. 27 Pangkajene, Sidrap.

Baca Juga:   Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap Siap Beber Rahasia Tembus Google, Edy: Rugi Kalau Tidak Ikut

Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi peserta dalam menghadapi era media digital yang terus berkembang. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang jurnalistik digital, para peserta diharapkan dapat memenuhi tuntutan pembaca yang semakin canggih dan memperkuat keberadaan media dalam dunia digital.(*)