SIDRAPTIMUR.COM, SIDRAP – Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Ari Widarto memberikan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) kepada calon paskibraka tahun 2023 kabupaten Sidrap dengan materi Wawasan Kebangsaan di Aula Kantor SKPD Kelurahan Batu Lappa Kec. Watang Pulu Kab. Sidenreng Rappang. Selasa (01/08/23).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Ideologi Negara Kita Yaitu NKRI kepada seluruh peserta calon paskibraka dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki ciri khas kebhinekaan ras, suku, budaya dan agama. Sosialisasi ini menjadikan seluruh calon paskibraka untuk wawasan yang luas dan mengingatkan pemahaman Pancasila dan Kebangsaan kepada calon paskibraka.

Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Ari Widarto sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan kepada calon paskibraka bahwa sebagai generasi muda harus mempunyai rasa wawasan kebangsaan yang tinggi. Jangan terpengaruh oleh budaya asing yang tidak sejalan dengan norma – norma bangsa Indonesia. Memiliki rasa kebangsaan untuk menumbuhkan rasa kesatuan tekad dan perasaan masyarakat, terhadap kondisi bangsanya untuk menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa lain, yang diwujudkan dalam kesetiaan masyarakat terhadap pemerintah dan rela berkorban demi menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kasdim juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk pembinaan mental, menumbuhkan jiwa patriotisme cinta terhadap Bangsa dan tanah air kita Indonesia, dan tata cara berpakaian yang rapi dan benar, juga sebagai kesiapan para calon paskibraka menghadapi hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan dari manapun datangnya.

Diharapkan sebagai generasi muda bisa menjadi contoh bagi lainnya, dalam hal Kedisiplinan, Cinta Tanah Air, Rela berkorban, Perlakuan kepada Bendera dan lambang-lambang Negara. Dan mewaspadai kelompok yang mau mengganti Ideologi Pancasila dengan paham lain. Waspadai kelompok garis keras yang mau merongrong kewibawaan dan keutuhan NKRI. (Pen/MAH).

Baca Juga:   Kepala SMAN 3 Sidrap Tegaskan Insiden Pembakaran Sandal dan Barang Berharga Siswa Sudah Klir