Sidraptimur.com, Sidrap – Pada hari Minggu, 20 Agustus 2023, pukul 08.50 WITA, digelar kegiatan Lomba Ketangkasan baris berbaris (LKBB) tingkat SD – SMP se Kabupaten Sidrap. Kegiatan ini berlokasi di Lapangan Andi Cammi, Kelurahan Rappang, Kecamatan Pancarijang. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sidrap dan juga diadakan gerak jalan indah yang dihadiri oleh Bupati Sidrap. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-78 pada tahun 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting di Kabupaten Sidrap, di antaranya Bupati dan Wakil Bupati Sidrap, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap, Danramil 1420-06/Pancarijang yang diwakili oleh Lettu Arh Ridwan, Camat Pancarijang, Kapolsek Pancarijang, para kepala sekolah, dan para guru pendamping dari SD dan SMP setempat. Selain itu, turut hadir juga Babinsa pers dari Koramil 1420-06/Pancarijang, serta undangan dan peserta lainnya.

Kegiatan LKBB dan gerak jalan indah ini berlangsung hingga pukul 12.05 WITA. Selanjutnya, dilanjutkan dengan kegiatan sore yaitu gerak jalan tingkat SMP sederajat. Acara tersebut dihadiri oleh anak-anak dan remaja dari berbagai sekolah yang ada di Sidrap.

Dalam acara ini, peserta LKBB terlihat sangat antusias dan percaya diri saat melakukan baris berbaris dengan penuh ketangkasan. Mereka menunjukkan semangat dan kekompakan yang tinggi dalam melaksanakan gerakan-gerakan tersebut. Para peserta LKBB ini terdiri dari siswa-siswi SD dan SMP yang telah melakukan persiapan sebelumnya bersama dengan guru-guru pendamping.

Sementara itu, pada kegiatan gerak jalan indah, peserta terlihat kompak berjalan dengan penuh keindahan. Mereka membawa bendera dan atribut merah putih sebagai simbol kebanggaan dan cinta terhadap negara Indonesia. Peserta gerak jalan ini terdiri dari para siswa-siswi SMP dengan tingkat kedisiplinan dan persiapan yang sangat tinggi.

Baca Juga:   Polres Sidrap bersama Ketua YKB Sambut Murid Baru TK Kemala Bhayangkari 21 Polres Sidrap

Bupati Sidrap dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap semangat dan kekompakan peserta LKBB dan gerak jalan indah. Ia berharap kegiatan ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi muda Sidrap. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, disiplin, dan kerja sama di kalangan siswa-siswi SD dan SMP.

Wakil Bupati Sidrap juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin dan menjadi tradisi di Sidrap. Ia berpesan kepada para peserta agar terus menjaga semangat dan dedikasi dalam membangun bangsa dan negara. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam mengembangkan potensi generasi muda di bidang olahraga dan kedisiplinan.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 1420-06/Pancarijang juga memberikan apresiasi kepada semua peserta dan panitia yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik. Ia menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan langkah penting dalam mempererat hubungan antara TNI AD dengan masyarakat serta sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI.

Kegiatan berjalan lancar dan sukses tanpa ada kendala yang berarti. Semua peserta dan penonton terlihat menikmati acara dengan antusias. Keberhasilan dan antusiasme peserta dalam menjalankan LKBB dan gerak jalan indah ini menjadi cermin semangat perjuangan dan cinta tanah air yang tinggi di Kabupaten Sidrap. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan (*)