Sidraptimur.com, Sidrap – Rencana pembukaan jalan produksi tani di Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap oleh TNI dan masyarakat, mendapatkan perhatian langsung dari Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, S.E., M.I.Pol., dengan melakukan kunjungan, Sabtu, 9 September 2023. Dalam kunjungannya kali ini, Dandim didampingi oleh Pgs. Pasiter Kodim 1420/Sidrap dan Danramil 1420-02/Tellu Limpoe.

Kegiatan pembukaan jalan tani ini merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat petani di daerah tersebut. Dalam pemantauannya, Dandim Andika mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat petani ke kawasan pertaniannya, sehingga akan mendukung peningkatan produksi hasil pertanian di daerah tersebut.

Dandim Andika juga menyoroti pentingnya distribusi kebutuhan pertanian dan pasca panen yang akan semakin lancar setelah adanya pembukaan jalan ini. Menurutnya, akses yang lebih baik akan memudahkan petani dalam mengirimkan hasil panen ke pasar yang lebih jauh, sehingga dapat meningkatkan produksi serta harga jual hasil pertanian.

Selain itu, pembukaan jalan tani ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Desa Kalempang. Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pertanian di daerah ini belum mencapai potensinya sepenuhnya karena keterbatasan aksesibilitas. Dengan adanya pembukaan jalan ini, diharapkan petani dapat lebih mudah mengakses sumber daya dan layanan pendukung pertanian, seperti pasaran, pupuk, dan alat pertanian.

Meskipun kegiatan ini masih dalam tahap awal, harapannya adalah dapat berlanjut ke tahap berikutnya untuk membuka akses menuju daerah-daerah terpencil lainnya. Dandim Andika mengatakan bahwa pemerintah daerah akan terus mengupayakan peningkatan infrastruktur pertanian di Kabupaten Sidrap guna mendukung kemajuan sektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Pemerintah daerah bersama TNI akan terus menjalin komunikasi yang baik dan bekerja sama dalam membangun aksesibilitas pertanian yang lebih baik di daerah ini. Dandim Andika berharap bahwa pembukaan jalan tani di Desa Kalempang ini akan menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lainnya dalam mengembangkan pertanian di daerah mereka.

Baca Juga:   Anggota Kodim 1420/Sidrap Berbaur dengan Masyarakat di Desa Kalempang dalam Rangka TMMD Ke-118

Dengan berakhirnya kunjungan ini, Dandim Andika menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek pembukaan jalan tani ini. Ia berharap bahwa pembukaan jalan produksi tani ini akan memberikan dampak positif dan membawa perubahan signifikan bagi masyarakat petani di Desa Kalempang dan sekitarnya, serta mendorong pertumbuhan sektor pertanian secara keseluruhan di Kabupaten Sidrap. (*)