Sidraptimur.com, Sidrap – Proses tahap pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, tengah berlangsung dengan lancar.

Panitia pelaksana saat ini sedang giat melakukan seleksi administrasi bagi para bakal calon peserta Pilkades. Kepala Dinas Pemdes dan PPA Sidrap, H Abbas Aras, mengungkapkan bahwa tahapan ini merupakan bagian penting dari proses pemilihan yang demokratis.

Menurut H Abbas Aras, tahap verifikasi masih berlangsung, dan saat ini semua peserta Pilkades masih dalam status bakal calon. Penetapan resmi calon akan dilakukan setelah tahap verifikasi selesai.

“Saat ini masih tahap verifikasi, jadi masih bakal calon, sekitar satu minggu baru ditetapkan calon,” jelasnya.

Sebanyak 17 Desa di Kabupaten Sidrap akan menggelar Pilkades pada bulan Oktober 2023 mendatang. Dari jumlah tersebut, panitia telah menyiapkan 60 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah yang bervariasi, ada yang memiliki dua TPS, sementara ada juga yang memiliki tiga TPS per desanya.

Hingga saat ini, belum ada wilayah zona merah yang ditemukan di antara 17 Desa yang akan menggelar Pilkades tersebut. Meskipun demikian, panitia tetap akan terus memantau situasi dan berupaya mengantisipasi setiap kemungkinan gangguan atau masalah.

Abbas Aras juga menekankan pentingnya melibatkan petugas keamanan dalam proses Pilkades ini. Setiap tahapan pemilihan melibatkan petugas dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP untuk menjaga ketertiban dan kelancaran proses demokratis ini.

“Di setiap TPSnya akan dijaga 5 petugas, dua dari kepolisian, satu dari TNI, dan dua dari Satpol PP,” tegasnya, Minggu, 10 September 2023.

Abbas Aras berharap Pilkades ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia menegaskan bahwa semua pihak harus menjalankan proses pemilihan sesuai aturan dan etika, serta menghindari tindakan yang dapat merusak integritas Pilkades. “Sejauh menjalankan sesuatu aturan InsyaAllah akan lancar,” tandasnya.

Baca Juga:   Cetak Hattrick,H.Muhammad Yusuf Layak jadi ketua DPRD Bantaeng

Pilkades di Kabupaten Sidrap menjadi momen penting dalam memilih pemimpin desa yang akan mewakili dan mengemban tugas untuk mensejahterakan masyarakat setempat. Keberhasilan pelaksanaan Pilkades ini diharapkan akan menciptakan pemerintahan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan warga.(*)