Bagikan

 

 

Sidraptimur.com, Sidrap – Pada hari Selasa, 26 September 2023, di Makodim 1420/Sidrap yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Majjeling Watang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro., SE., M.I.Pol selaku Dansatgas (Dandim Satuan Tugas) TMMD Ke-118 Kodim 1420/Sidrap memaparkan dengan rinci pelaksanaan kegiatan TMMD kepada Tim Wasev (Wakil Masyarakat Sipil) yang turut serta dalam pengawasan program tersebut.

 

Dalam paparannya, Dansatgas TMMD Ke-118 menguraikan beberapa aspek kunci terkait pelaksanaan program TMMD di wilayah Sidrap:

 

1. Pertimbangan dalam Pemilihan Sasaran

 

Dansatgas TMMD Ke-118 menjelaskan bahwa pemilihan sasaran fisik dan non-fisik didasarkan pada evaluasi kebutuhan masyarakat setempat. Sasaran dipilih berdasarkan kriteria yang melibatkan partisipasi aktif dari warga dan pemangku kepentingan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa program TMMD memiliki dampak yang nyata pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

 

2. Kegiatan Fisik dan Non-Fisik yang Dilaksanakan

 

Dalam presentasinya, Dansatgas juga menyampaikan jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD Ke-118, yang meliputi pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan produksi tani, pembuatan jembatan, pemasangan bronjong perkuatan talud sungai dan rehab rumah tidak layak huni. Selain itu, ada juga kegiatan non-fisik seperti pemberian pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas mereka.

 

3. Nilai Manfaat Pelaksanaan TMMD

 

Dansatgas TMMD Ke-118 menyoroti manfaat yang diharapkan dari pelaksanaan program ini. Selain meningkatkan aksesibilitas dan pelayanan publik, TMMD juga diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja lokal dan menggerakkan perekonomian daerah.

 

4. Hambatan dalam Pelaksanaan Kegiatan dan Upaya Mengatasinya

 

Dalam pemaparannya, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro juga tidak lupa untuk menyebutkan beberapa hambatan yang dihadapi selama pelaksanaan program TMMD. Hambatan-hambatan ini termasuk kondisi cuaca yang tidak terduga, keterbatasan sumber daya, dan kendala logistik. Namun, Dandim menegaskan bahwa upaya telah dilakukan untuk mengatasi setiap hambatan dengan cara yang efisien dan tepat waktu.

Baca Juga:   "Apresiasi Warga: Babinsa Kanyuara Sidrap Peduli pada Perkembangan Wilayah"

 

Tim Wasev yang hadir mengapresiasi informasi yang diberikan oleh Dansatgas TMMD Ke-118. Mereka berkomitmen untuk terus mendukung dan memantau perkembangan program TMMD di wilayah Sidrap guna memastikan bahwa program ini berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Program TMMD Ke-118 Kodim 1420/Sidrap diharapkan akan terus membawa manfaat bagi masyarakat setempat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.(*)