Sidraptimur.Com, Makassar – Inilah 16 universitas terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) versi Webometric 2023. Lembaga riset terbesar ini berkedudukan di Spanyol, milik kelompok Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC).

Setiap tahunnya lembaga pemeringkatan ini merilis peringkat universitas terbaik di dunia, termasuk di Indonesia dan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bisa menjadi referensi bagi mahasiswa untuk kuliah.

Di antara universitas terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut tersebar di Kota Makassar, Maros, Parepare, hingga Palopo.

Kota Makassar merupakan kota terbesar di kawasan Indonesia timur yang berjuluk Kota Angin Mamiri. Ibukota Provinsi Sulsel yang dulunya dikenal dengan Ujung Pandang ini memiliki luas wilayah mencapai 175,8 kilometer persegi.

Kota ini terletak dekat pantai yang membentang sepanjang koridor barat dan utara dan dikenal sebagai ‘Waterfront City’, di dalamnya mengalir beberapa sungai seperti Sungai Tallo, Sungai Jeneberang, dan Sungai Pampang. Secara administrasi, kota ini terdiri dari 15 kecamatan dan 153 kelurahan.

Sementara Kota Palopo adalah salah satu daerah otonom yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kota Idaman ini berdiri sebagai daerah otonom berstatus kota berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2002 tanggal 10 April 2002.

Berikut 16 universitas terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) versi Webometrics 2023:

Universitas Hasanuddin (UNHAS)
Universitas Negeri Makassar (UNM)
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM)
Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar
Universitas Dipa Makassar
Universitas Muhammadiyah Makassar
Universitas Fajar
Universitas Cokroaminoto Palopo
Universitas Atma Jaya Makassar
Universitas Muslim Maros
Universitas Muhammadiyah Parepare
Universitas Muhammadiyah Palopo
Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar
Universitas Gema Nusa (UGN) Makassar
Universitas Kristen Indonesia Toraja
Universitas Pancasakti Makassar
Baca Juga: Universitas Internasional Batam (UIB) Buka Lowongan Kerja untuk Engineer, Ini Syaratnya!

Baca Juga:   IWO Sidrap Sasar Anak Putus Sekolah Untuk Masuk di SMK Gratis

Terdapat tiga indikator dalam pemeringkatan perguruan tinggi oleh Webometrics. Pertama, visibility atau jumlah subnet yang mempunyai link ke situs web perguruan tinggi, bobot penilaiannya 50 persen.

Berikutnya excellence atau keunggulan dengan jumlah naskah yang kerap dikutip dengan bobot penilaian 40 persen dan 10 persennya transparansi atau keterbukaan, yakni jumlah kutipan dari 210 peneliti terbaik.

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, Universitas Hasanuddin (UNHAS) menempati peringkat nomor 1 di Sulsel.

Kampus ini berada di peringkat 19 Indonesia dengan penilaian dampak 1.072, keterbukaan 6.553, dan keunggulan 1.891.

Nomor 2 adalah Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berada di peringkat 46 Indonesia dengan penilaian dampak 3.170, keterbukaan 6.553, dan keunggulan 3.588.

Kemudian nomor 3 Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar, peringkat 90 Indonesia dengan penilaian dampak 2.781, keterbukaan 1.846, dan keunggulan 7.212. Kampus ini bersaing ketat dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, peringkat 92 Indonesia dengan penilaian dampak 8.340, keterbukaan 6.553, dan keunggulan 5.100.

Sementara Universitas Dipa Makassar berada di peringkat 167 Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar peringkat 237, dan Universitas Fajar di peringkat 239.

Itulah 16 universitas terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) versi Webometrics 2023 yang tersebar di Makassar, Maros, hingga Palopo.***