Sidraptimur.com, Sidrap – Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sidrap, di bawah kepemimpinan Ketua Edy Basri, S.H., siap menggelar Workshop Jurnalistik Digital yang bertujuan mengungkap rahasia tembus Google. Workshop yang akan menjadi yang pertama diadakan di Bumi Nene Mallomo, Sidrap ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15 Juli 2023 di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidrap.

Edy Basri, yang juga merupakan jurnalis senior di Sidrap, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di wilayah tersebut. Sebelumnya, memang sudah ada kegiatan serupa, tetapi umumnya tidak berfokus pada pengembangan website digital. Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap akan memberikan penekanan khusus pada pengembangan website digital.

“Kami yakin bahwa ini adalah yang pertama kali di Sidrap. Sejauh ini, kegiatan serupa pernah ada, tapi biasanya bersifat umum. Namun, Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap kali ini akan fokus pada pengembangan website digital,” ujar Edy pada Rabu, 5 Juli 2023.

Workshop tersebut akan dihadiri oleh beberapa pemateri ahli di bidangnya. Mereka akan membahas topik-topik penting seperti dasar-dasar jurnalistik digital, pengenalan dan pembuatan website atau situs, strategi untuk meningkatkan visibilitas berita di Google dan Google News, serta rahasia dalam menembus mesin pencari Google.

Menurut Edy, kegiatan ini sangat cocok diikuti oleh pemilik media, wartawan, pelajar, mahasiswa, staf humas pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan kelurahan, staf humas BUMN, BUMD, operator sekolah dinas pendidikan, staf humas TNI-Polri, dan berbagai pihak lainnya yang tertarik dalam pengembangan jurnalistik digital.

Supriatno, Ketua panitia Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap, menambahkan bahwa pendaftaran akan ditutup pada tanggal 14 Juli 2023, satu hari sebelum pelaksanaan acara. Dengan biaya registrasi sebesar Rp150 ribu, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mendalam dalam jurnalistik digital, sertifikat kehadiran, serta menikmati hidangan snack yang disediakan oleh panitia.

Baca Juga:   IWO Sidrap Bakal Gelar Raker

Bagi mereka yang ingin mengoptimalkan keterampilan jurnalistik digital mereka dan mengungkap rahasia tembus Google, Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap ini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Dengan peserta dari berbagai latar belakang profesi, acara ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman dan keterampilan jurnalistik digital di Kabupaten Sidrap.

Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi para peserta yang ikut serta dalam acara tersebut. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan peserta antara lain:

Pemahaman Mendalam tentang Jurnalistik Digital: Peserta akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep dasar jurnalistik digital. Mereka akan belajar tentang strategi pemasaran konten, penggunaan media sosial, dan teknik penulisan yang efektif untuk platform digital.

Pengenalan dan Pembuatan Website: Workshop ini akan membantu peserta memahami pentingnya memiliki website atau situs sebagai platform jurnalistik digital. Para peserta akan diajarkan bagaimana membangun dan mengelola situs web yang menarik, serta memahami teknis dasar dalam merancang tampilan yang responsif dan ramah pengguna.

Membongkar Rahasia Tembus Google: Salah satu highlight dari acara ini adalah rahasia dalam menembus Google. Peserta akan diajarkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang efektif untuk meningkatkan peringkat konten mereka di hasil pencarian Google. Dengan pengetahuan ini, peserta dapat memaksimalkan eksposur dan visibilitas konten mereka di platform pencarian yang paling populer.

Pengembangan Headline yang Menarik: Workshop ini juga akan membahas pengembangan headline yang menarik dan efektif untuk menarik perhatian pembaca online. Peserta akan belajar tentang teknik penulisan headline yang menggugah minat dan memaksimalkan potensi klik.

Sertifikat dan Networking: Setelah mengikuti workshop ini, peserta akan mendapatkan sertifikat kehadiran yang dapat meningkatkan kredibilitas mereka dalam industri jurnalistik digital. Selain itu, acara ini juga merupakan kesempatan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan peserta lainnya, termasuk pemateri ahli dan praktisi jurnalistik digital.

Baca Juga:   Usulan Edy Basri di Musyawarah Wartawan: Solusi Terbaik dalam Membangun Mubeslub IWO

Edy Basri mengungkapkan bahwa kesempatan untuk mengikuti Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap adalah suatu keuntungan yang tidak boleh dilewatkan. Dalam era digital yang terus berkembang, keahlian dalam jurnalistik digital menjadi kunci sukses dalam menyajikan berita secara efektif dan mencapai audiens yang lebih luas.

“Rugi kalau tidak ikut. Workshop ini akan memberikan pemahaman dan keterampilan yang berharga dalam menghadapi tantangan jurnalistik di era digital. Saya sangat mendorong semua wartawan, pemilik media, dan individu yang tertarik dalam bidang jurnalistik digital untuk ikut serta dalam workshop ini,” ujar Edy Basri dengan antusias.

Dengan pendaftaran yang terus berjalan hingga 14 Juli 2023, peserta diharapkan segera mendaftar dan memanfaatkan kesempatan ini. Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap akan menjadi ajang pembelajaran yang bermanfaat dan memberikan wawasan baru dalam menghadapi tantangan industri media digital yang semakin dinamis.

Supriatno, Ketua panitia Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap, juga menambahkan bahwa acara ini akan memberikan kesempatan berharga bagi peserta untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam dunia jurnalistik digital. Selain itu, para peserta akan mendapatkan sertifikat kehadiran yang dapat menjadi nilai tambah dalam karir mereka.

“Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap merupakan kesempatan emas bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi era digital yang terus berkembang pesat. Dengan menghadiri workshop ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan mendalam dan strategi praktis untuk sukses dalam jurnalistik digital,” kata Supriatno.

Panitia juga menekankan bahwa acara ini terbuka untuk semua kalangan, mulai dari pemilik media dan wartawan hingga pelajar, mahasiswa, dan staf humas pemerintahan. Dengan demikian, siapa pun yang memiliki minat dalam bidang jurnalistik digital dapat mengikuti workshop ini dan mengoptimalkan potensi mereka dalam menghadapi perubahan dunia media yang cepat.

Baca Juga:   Optimalisasi Panen Karet dengan Teknologi Terbaru dari Mercu Bio Tech

Selain materi yang berharga, panitia juga menyiapkan suasana belajar yang interaktif dan nyaman. Para peserta akan dapat berdiskusi langsung dengan pemateri yang berpengalaman dan bertanya tentang berbagai aspek jurnalistik digital. Selama acara, snack juga akan disediakan oleh panitia untuk memastikan kenyamanan peserta.

Dalam rangka mendukung pengembangan industri media dan jurnalistik digital di Kabupaten Sidrap, Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap merupakan inisiatif yang sangat berarti. Diharapkan acara ini dapat memberikan dorongan positif bagi peserta dalam memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan mereka di bidang jurnalistik digital.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti Workshop Jurnalistik Digital IWO Sidrap, segera daftarkan diri Anda sebelum pendaftaran ditutup pada 14 Juli 2023. Pendaftaran bisa dilakukan secara langsung, ataupun menghubungi panitia di nomor (Whatsapp) 0819-4439-1866 (Supriatno). Jdi tunggu apa lagi, jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang jurnalistik digital dan mengungkap rahasia sukses dalam tembus Google.(*)