Sidraptimur.com, Makassar – Dalam upaya memastikan kesejahteraan dan kesehatan para pegawainya, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati SulSel) menggelar acara Pemeriksaan Kesehatan/Medikal Check Up (MCU) gratis, Jumat (18/08/2023). Kegiatan ini dilaksanakan di Baruga Adhyaksa, lantai 8 Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, dan berlangsung mulai pukul 9.00 Wita.

Tim Kesehatan dari Kimia Farma dipercaya untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh kepada seluruh jajaran pegawai Kejati SulSel. Acara ini dibuka oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Leo Simanjuntak, yang didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, Zet Tadung Allo, serta beberapa pejabat penting lainnya, seperti Asisten Tindak Pidana Khusus Yudi Triadi, Asisten Tindak Pidana Umum Zuhandi, dan Asisten Pembinaan Nur Asia.

Jenis pemeriksaan yang dilakukan dalam MCU mencakup berbagai aspek kesehatan, termasuk tekanan darah, kesuburan, kolestrol, pankreas, asam urat, paru-paru, syaraf otak, kepadatan tulang, prostat, denyut jantung, lemak darah, asam urat, tiroit, dan ginjal. Teknologi canggih Quantum Resonance Magnatic Analyzer digunakan untuk mendapatkan data yang akurat dan komprehensif.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, tim kesehatan dari Kimia Farma memberikan edukasi tentang kesehatan kepada para pegawai. Edukasi ini bertujuan untuk membantu pegawai memahami hasil diagnosa mereka dan memberikan panduan tentang pola hidup sehat yang sebaiknya diikuti. Pantangan makanan dan minuman juga dijelaskan sesuai dengan kebutuhan kesehatan masing-masing individu.

Menurut Leo Simanjuntak, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, kegiatan MCU ini sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan pegawai. Hasil pemeriksaan akan membantu dalam pengambilan tindakan atau langkah awal yang perlu diambil untuk menjaga kesehatan pegawai. “Program MCU merupakan bagian dari upaya Kejati SulSel dalam memastikan kesehatan dan keselamatan kerja para pegawai, serta menunjukkan komitmen kami terhadap kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Baca Juga:   Donor darah dalam rangka HUT Ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2024 di Aula Makodim 1420/Sidrap

Dalam konteks ini, MCU juga dianggap sebagai program yang relevan dengan kesehatan dan keselamatan kerja, dan direncanakan akan dilakukan secara berkala setiap tahun. Faktor-faktor seperti usia, riwayat penyakit dalam keluarga, gaya hidup, dan aktivitas sehari-hari menjadi pertimbangan dalam melaksanakan MCU ini.

Dengan adanya acara MCU gratis ini, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan menunjukkan perhatian dan komitmennya terhadap kesejahteraan dan kesehatan pegawai. Kegiatan ini diharapkan akan berdampak positif pada kinerja pegawai serta mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan secara berkala.(*)