Sidraptimur.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo telah membuat keputusan penting dalam menjalankan pemerintahannya dengan menunjuk beberapa nama penjabat gubernur di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang akan mengalami pergantian kepemimpinan adalah Sulawesi Selatan, di mana Bachtiar Baharuddin telah dipilih sebagai pengganti Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel yang akan berhenti menjabat pada 5 September mendatang.

Namun, tidak hanya di Sulawesi Selatan, di daerah lain juga terdapat keputusan menarik terkait penjabat gubernur. Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres), telah ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat. Keputusan ini diumumkan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi oleh wartawan pada Jumat (1/9/2023).

Menurut Ngabalin, keputusan mengenai penunjukan para penjabat gubernur diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang bertujuan untuk menggantikan mereka yang masa jabatannya telah berakhir. Para penjabat gubernur ini nantinya akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden dalam waktu dekat.

Ngabalin juga menekankan harapannya bahwa para penjabat gubernur tersebut dapat bekerja dengan baik dalam waktu yang terbatas dan mempersiapkan tahapan pemilihan umum serentak dengan baik di masing-masing provinsi. Keputusan Presiden Jokowi ini juga mencakup beberapa daerah lain, seperti Jawa Tengah, Sumatera Utara, Bali, Papua, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Dengan keputusan ini, diharapkan penjabat gubernur yang baru dapat membawa perubahan dan meningkatkan kualitas pemerintahan di daerah masing-masing. Pergantian kepemimpinan ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat dan memperkuat demokrasi di Indonesia. (*)

Baca Juga:   Aksi Seorang Pria Di Gowa dicokok Polisi Karena Memalingi Tetangganya Sendiri