Bagikan

Sidraptimur.com, Jakarta – Super Garuda Shield 2023 kali ini menjadi ajang latihan bersama (Latma) militer multinasional terbesar sepanjang sejarah yang pernah dilakukan di Indonesia dengan peserta negara-negara besar dunia.

Kekaguman atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah dari belasan negara untuk berlatih militer bersama juga diungkapkan oleh I Corps Commanding General Lt Gen Brunson dan latihan Super Garuda Shield menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan negara strategis dan penting bagi Amerika Serikat (AS).

Hal ini sekaligus menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang besar serta diperhitungkan di kancah internasional. 

Dengan jumlah pulau lebih dari 17.000, ratusan suku dan budaya serta jumlah penduduk lebih dari 280 juta menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara besar di dunia.

Belum lagi dari sisi ekomomi, dimana Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan terkuat dan persisten tinggi.

Ditambah dengan kekayaan alam yang begitu beragam dan berlimpah. Letak geografis Indonesia menempatkannya menjadi negara yang mempunyai nilai strategis bagi banyak negara lainnya.
Wilayahnya yang luas dan berbatasan dengan banyak negara selain menjadikan Indonesia negara besar juga memberikan tantangan terutama terhadap kedaulatan wilayah dan sumber daya alamnya.

Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan suatu bangsa untuk dapat melindungi negaranya baik dari sisi fisik maupun nonfisik.

Dibutuhkan kekuatan yang tidak hanya mampu melindungi luas wilayah Indonesia yang begitu besar tapi juga mampu melindungi segenap tumpah darahnnya, sumber daya dan kepentingannya serta mempunyai deterrence power yang diperhitungkan baik oleh kawan maupun lawan.

Sejarah telah membuktikan bagaimana sumber daya seringkali menjadi alasan kedaulatan sebuah negara terancam dan kekuatan militer digunakan untuk menguasai tidak hanya wilayah tapi juga sumber dayanya.

Baca Juga:   Presiden Ucapkan Selamat Hari Buruh Internasional 2023

Sehingga eksistensi sebuah negara, apalagi negara besar dengan segudang kekayaan alam bisa dikatakan sangat bergantung kepada kekuatan tentara atau militernya. 

Sebuah negara yang besar diwaktu yang bersamaan memerlukan kekuatan militer yang besar pula untuk dapat melindungi begitu banyaknya aset yang dimiliki. Kekuatan militer memiliki peran penting dalam banyak aspek bagi sebuah negara.

Kekuatan militer membantu menjaga kedaulatan dan integritas wilayah suatu negara dari ancaman eksternal, seperti serangan militer atau invasi dari negara lain, melindungi warga negara dan aset nasional serta menjaga stabilitas keamanan di kawasan regional. 

Latihan gabungan Super Garuda Shield ini menjadi salah satu strategi untuk membangun kekuatan militer dengan meningkatkan kerjasama militer dan berkontribusi pada hubungan diplomatik serta kemitraan dengan negara-negara lain.

Lebih dari itu hal ini dapat memperkuat posisi Indonesia dalam forum internasional dan menciptakan iklim kerjasama yang lebih luas.

Latihan bersama ini memiliki tujuan, meningkatkan kerjasama bilateral Military to Military, mengembangkan operasi multilateral/combined pada level taktis, memperkuat hubungan antara TNI dan U.S. Indopacom serta yang tidak kalah pentingnya adalah menciptakan hubungan militer yang kondusif dan produktif untuk senantiasa menciptakan stabilitas keamanan di kawasan (*)