Sidraptimur.com, Sidrap – Pada Selasa, 12 September 2023, pukul 14.00 Wita, Sidrap menjadi saksi pelaksanaan Rakornis (Rapat Koordinasi Nasional) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 Tahun 2023 secara virtual. Acara ini berlangsung di Ruang Video Conference (Vicon) Makodim 1420/Sidrap, yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Majjeling Watang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap.

Rakornis ini dipimpin oleh Aster Kasad (Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat), yang juga menjabat sebagai Pati Bidang Ren PJO TMMD. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, dengan susunan acara sebagai berikut:

Pembukaan: Acara dimulai dengan prosesi pembukaan yang penuh semangat.

Sambutan Aster Kasad: Pati Bidang Ren PJO TMMD memberikan sambutan sebagai pemimpin rapat, menjelaskan tujuan dan pentingnya TMMD dalam pembangunan desa.

Paparan Sinergi Program BKKBN: Paparan mengenai sinergi program dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang akan mendukung keluarga dan pertumbuhan penduduk di desa.

Paparan Rencana TMMD: Presentasi mengenai rencana pelaksanaan TMMD Ke-118, termasuk proyek-proyek yang akan dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur desa.

Paparan Swakelola TMMD: Informasi mengenai upaya swakelola (swadaya gotong royong) dalam pelaksanaan TMMD, menekankan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa.

Paparan Lomba Karya Jurnalistik: Penyampaian hasil lomba karya jurnalistik sebagai bagian dari TMMD, yang mencerminkan peran media dalam menyebarkan informasi pembangunan desa.

Tanya Jawab: Kesempatan diberikan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan klarifikasi tentang program TMMD.

Penyerahan Hadiah kepada Pemenang LKJ: Puncak acara adalah penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Jurnalistik, yang telah memberikan kontribusi berharga dalam penyampaian informasi tentang TMMD.

Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri: Moment emosional mengakhiri acara dengan menyanyikan lagu kebangsaan, mengingatkan semua peserta akan komitmen mereka terhadap negara.

Baca Juga:   Letkol Inf Andika Ari Prihantoro Gelar Penyuluhan Nilai-nilai Pancasila di Lokasi TMMD Desa Kalempang

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, di antaranya:

Dandim 1420/Sidrap – Letnan Kolonel Infanteri Andika Ari Prihantoro, S.E., M.I.Pol.
Bupati Sidrap yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan & Kesra – Drs. Muh. Iqbal, M.Si.
Ketua DPRD Kabupaten Sidrap – H. Ruslan.
Sekretaris Bappelitbangda Kabupaten Sidrap – Herwin, S.I.P., M.Si.
Kepala Dinas PSDA Kabupaten Sidrap – Andi Safari Renata, S.I.P., M.Si.
Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Tata Ruang, Pertanahan, dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sidrap – Drs. Abd. Rasyid, M.Si.
Sekretaris PSDA – Drs. M. Yusuf T., M.AP.
Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Air – Syaifuddin Hamzah, S.E., M.M.
Kepala Seksi Lahan dan Irigasi Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan – Anju Saleh, S.P., M.Si.
Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam – Rimba, S.STP., M.Si.
Staf Dinas Biciptapera – Nasruddin dan M. Iksan Umar.
Konsultan Dinas Biciptapera – Rudi.
Kegiatan berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan selesai pada pukul 16.20 Wita. Rakornis TMMD Ke-118 Tahun 2023 ini merupakan langkah strategis dalam memajukan pembangunan desa dan meningkatkan sinergi antara berbagai pihak terkait. Semoga sinergi ini akan menghasilkan perkembangan positif yang berkelanjutan untuk desa Sidrap. (*)