Sidrap – Tingkat kejahatan di Kabupaten Sidrap, dilaporkan menurun selama beberapa bulan terakhir, hal ini merujuk data yang dirilis oleh Kepolisian Resor (Polres) setempat, belum lama ini

Menurut Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah SIK, ada penurunan signifikan dalam jumlah kasus kejahatan di wilayah tersebut dalam periode tiga bulan terakhir.

“Kami telah bekerja keras untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sidrap, dan hasilnya dapat dilihat dari penurunan angka kejahatan. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam memelihara keamanan di wilayah ini,” kata Erwin Syah, Selasa, 25 april 2023

Data menunjukkan bahwa kejahatan jalanan seperti pencurian dan penyalahgunaan narkoba mengalami penurunan terbesar dalam periode yang sama. Begitu pun pada tindak pidana lainnya, seperti kekerasan fisik juga mengalami penurunan signifikan.

Polres Sidrap, tegas Erwin Syah, terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut, dan mendorong masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan segala tindakan kejahatan yang terjadi di sekitar mereka.

Anggota DPRD Sidrap dari Fraksi NasDem, Samsumarlin, merespons sangat baik penurunan angka kejahatan di wilayah hukum Polres Sidrap itu. Dia pun mendorong pemerintah daerah setempat agar terus berkolaborasi dangan TNI-Polri di daerah itu untuk terus memperkuat upaya pencegahan kejahatan di wilayah tersebut.

“Khusus kami di DPRD Sidrap, tentu akan terus bekerja sama dengan kepolisian dan masyarakat untuk ikut menjaga dan memelihara keamanan di Kabupaten Sidrap, sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman,” kata Samsumarlin.

Dengan penurunan tingkat kejahatan yang signifikan ini, diharapkan Kabupaten Sidrap menjadi wilayah yang semakin aman dan nyaman untuk ditinggali dan dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan.

Baca Juga:   Bapenda Sidrap Bagi Takjil Sambil Sosialisasi QRIS ke Pengguna Jalan

Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Polres Sidrap dalam meningkatkan keamanan dan mengurangi tingkat kejahatan adalah dengan meningkatkan patroli dan pengawasan di wilayah-wilayah yang dianggap rawan

Lain dari itu, Polres Sidrap dan jajarannya di setiap kecamatan, aktif melakukan kerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan dan keselamatan di lingkungan sekitar.

Selain itu, pemerintah daerah di Sidrap juga telah meningkatkan penerangan jalan dan memasang kamera pengawas di beberapa titik strategis di Kabupaten Sidrap. Hal ini diharapkan dapat membantu memantau aktivitas kejahatan dan mengefektifkan penanganan kejahatan oleh pihak berwenang.

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut, Kapolres Erwin Syah juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan menghindari tindakan yang dapat memicu terjadinya kejahatan, seperti menghindari berjalan sendirian di tempat yang sepi dan menjaga barang berharga dengan baik.

Dengan adanya penurunan angka kejahatan ini, diharapkan masyarakat semakin merasa aman dan nyaman saat beraktivitas di Kabupaten Sidrap. Pemerintah daerah dan Polres Sidrap, tegasnya, akan terus bekerja keras dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut, serta berupaya untuk meminimalisir terjadinya tindakan kejahatan di masa yang akan datang.(*)