Manggarai Barat – Presiden Joko Widodo tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Minggu (7/5/2023) atau dua hari sebelum KTT ASEAN dimulai. Pada hari kedua kunjungan, Senin (8/5/2023), Jokowi dijadwalkan meninjau gladi pelaksanaan KTT.

Pada agenda pertama Jokowi akan mengunjungi Hotel Meurorah. Di sana berlangsung gladi kedatangan para pemimpin ASEAN di lobi hotel. Berikutnya, ada gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Presiden Jokowi hingga gladi foto bersama seluruh kepala negara.

“Selepas itu, Presiden Jokowi akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ke-42 ASEAN. Presiden juga akan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN,” demikian dikutip dari rilis Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang diterima detikBali, Senin.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

Para pemimpin negara-negara ASEAN akan membahas sejumlah isu penting dalam rangka mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan, serta memperkuat ketahanan ekonomi ASEAN. Upaya ini sejalan dengan tema yang diusung dalam Keketuaan Indonesia ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Sebelumnya, Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina selaku panitia lokal KTT ASEAN di Labuan Bajo mengatakan delegasi dari tiga negara sudah tiba di Labuan Bajo, Minggu (7/5/2023). Kedatangan delegasi negara lain segera menyusul.

Shana menyebut tiga delegasi negara yang dimaksud, yakni Vietnam, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Baca Juga:   Panglima TNI : TNI Siapkan Alutsista Dukung Idul Fitri 1444 H/2023

“Yang sudah datang tadi dari Vietnam, Brunei, kemudian Malaysia. Besok datang lagi,” kata Shana ditemui di Pasar Rakyat Side Event KTT ASEAN di Lapangan Wae Kesambi, Labuan Bajo, Minggu malam.

Walaupun delegasi dari Brunei Darussalam sudah tiba di Labuan Bajo, tapi kepala negaranya memilih menginap di Bali selama KTT ASEAN berlangsung. Kepala negara Filipina juga akan menginap di Bali.

Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo mengatakan dua kepala negara tersebut menginap di Bali selama KTT ASEAN berlangsung lantaran kamar hotel di Labuan Bajo tak cukup.

“Memang kamarnya tidak cukup,” kata Jokowi saat memberi keterangan pers di Bandara Komodo, Minggu.