Soppeng – Rakerda I IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Sidrap, Tahun 2023, berlangsung sukses selama dua hari di Pemandian Air Panas Lejja Soppeng, 16-17 Mei 2023.

Acara yang dihadiri oleh seluruh pengurus daerah IWO Sidrap tersebut telah menghasilkan sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Rakerda I IWO Sidrap diawali dengan acara pembukaan dihadiri Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah SIK melalui Kasi Humas Polres Sidrap, AKP H Zakaria selaku salah satu Dewan Pembina/Kehormatan IWO Sidrap

Dalam Rakerda ini, anggota IWO Sidrap secara aktif berdiskusi dan berkolaborasi untuk merumuskan program kerja yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnalisme online di wilayah tersebut. Beberapa hasil program kerja yang disepakati antara lain:

Pelatihan Jurnalistik Online: Anggota IWO Sidrap akan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik online bagi para anggota baru maupun yang sudah berkecimpung di dunia jurnalistik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam meliput berita secara digital.

Penyuluhan Literasi Media: IWO Sidrap akan mengadakan kegiatan penyuluhan literasi media di sekolah-sekolah dan masyarakat umum. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang media, mengajarkan cara memilih dan memilah berita yang benar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak berita palsu atau hoaks.

Kolaborasi dengan Instansi Pemerintah dan Swasta: IWO Sidrap akan menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam rangka meningkatkan akses informasi bagi masyarakat. Kolaborasi ini meliputi penyediaan ruang publik informasi, konferensi pers, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas.

Peningkatan Jaringan Kerja: Rakerda ini juga menjadi momen bagi anggota IWO Sidrap untuk memperluas jaringan kerja dengan wartawan dan media dari daerah lain. Melalui pertukaran pengalaman dan kolaborasi, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam peliputan berita dan peningkatan profesionalisme dan yang lainnya.

Baca Juga:   "IWO Sidrap Siap Berikan Informasi Tepat dan Objektif untuk Pemilu 2024"

Adapun program-program yang telah dilahirkan tersebut melalui sejumlah tahapan, dimana pada Sidang Pleno I lebih dulu dilakukan penetapan/pengesahan peserta Rakerda I PD IWO Sidrap, dilanjutkan dengan pembahasan dan penetapan/pengesahan jadwal acara

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dan penetapan/pengesahan tata tertib saat memasuki Sidang Pleno II, meliputi penetapan/pengesahan pimpinan sidang tetap, penyerahan palu sidang dari pimpinan sidang sementara ke pimpinan sidang tetap

Dibagian inti, Steering Committe yang dipimpin Sekretaris IWO Sidrap, Satry Polang selanjutnya melakukan pembentukan sekaligus pembagian komisi – komisi Komisi, meliputi Komiis A ( Organisasi ), Komisi B ( Program Kerja ) Komisi C ( Rekomendasi )

Lalu pada Sidang Pleno III dengan agenda pembahasan materi Komisi ( A, B dan C ), laporan dan penetapan/pengesahan hasil sidang komisi-komisi. Terakhir, pada Sidang Pleno IV
penetapan/pengesahan hasil Rakerda I PD IWO Sidrap, diakhiri penutupan sidang-sidang Rakerda I PD IWO Sidrap.

Rakerda I IWO Sidrap di Pemandian Air Panas Lejja Soppeng ini menjadi momentum yang berarti bagi anggota IWO Sidrap dalam memperkuat eksistensi dan meningkatkan kualitas jurnalisme online. Dengan adanya program kerja yang disepakati, diharapkan IWO Sidrap dapat memberikan kontribusi yang positif dalam memberikan informasi yang akurat, bermanfaat, dan dapat dipercaya kepada masyarakat.

Ketua IWO Sidrap Edy Basri mengatakan, dipilihnya Pemandian Air Panas Lejja Soppeng selaku tempat berlangsungnya Rakerda IWO Sidrap I Tahun 2023, dengan sejumlah alasan yang mendukung tujuan dan tema acara tersebut.

Pertama, pemandian alam ini menyediakan lingkungan yang alami dan menenangkan, yang dapat memberikan suasana yang kondusif untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam membangun jurnalis yang berkualitas.

Selain itu, keindahan alam dan fasilitas yang disediakan oleh Pemandian Alam Lejja Soppeng dapat memberikan suasana yang inspiratif bagi para peserta Rakerda. Suasana alam yang segar dan pemandangan yang indah di sekitar tempat tersebut diharapkan dapat merangsang ide-ide kreatif dan inovatif dalam merumuskan program kerja yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnalisme online.

Baca Juga:   Klarifikasi Kanit Samsat Soppeng IPDA Mahluddin, SE Tentang Percaloan Dikantornya

Edy Basri juga menambahkan bahwa pemilihan tempat yang berbeda untuk pelaksanaan Rakerda IWO Sidrap I itu, diharapkan memberikan nuansa baru dan kegiatan yang lebih menyenangkan bagi anggota IWO Sidrap. Hal ini diharapkan dapat membangun semangat kebersamaan, kekompakan, dan meningkatkan interaksi sosial antar anggota dan keluarga besar IWO Sidrap

Dengan demikian, harap Edy Basri, melalui pelaksanaan Rakerda IWO Sidrap I Tahun 2023 di Pemandian Alam Lejja Soppeng, diharapkan dapat menciptakan jurnalis yang berkualitas dan profesional dalam menghadapi tantangan jurnalisme online. Tema yang diusung “Menciptakan Jurnalis Yang Berkualitas dan Profesional” dan lokasi yang dipilih diharapkan dapat memberikan dorongan positif dalam upaya pengembangan dan pembaruan jurnalis yang siap menghadapi perkembangan media digital.

Edy Basri berharap program kerja yang telah dihasilkan dari Rakerda tersebut dapat ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh demi kemajuan organisasi ke depannya.

Dalam arahannya, Edy Basri menekankan pentingnya pelaksanaan program kerja yang telah disepakati dalam Rakerda IWO Sidrap I Tahun 2023. Dia mengungkapkan harapannya bahwa anggota IWO Sidrap akan menjalankan program-program tersebut dengan penuh komitmen dan dedikasi.

Edy Basri menyadari bahwa keberhasilan dan kemajuan organisasi sangat bergantung pada implementasi program kerja yang baik. Oleh karena itu, ia mendorong anggota IWO Sidrap untuk bekerja secara kolaboratif dan berkomunikasi secara aktif guna mewujudkan visi dan misi organisasi.

Selain itu, Edy Basri juga mengingatkan anggota IWO Sidrap tentang pentingnya evaluasi dan pemantauan yang berkelanjutan terhadap pelaksanaan program kerja. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, organisasi dapat mengidentifikasi keberhasilan dan tantangan yang dihadapi, serta melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Edy Basri menyampaikan keyakinannya bahwa jika program kerja yang dihasilkan dari Rakerda tersebut dijalankan dengan baik, IWO Sidrap akan semakin berkembang dan menjadi wadah yang kuat bagi wartawan online di wilayah tersebut. Ia berharap agar anggota IWO Sidrap dapat bersama-sama mewujudkan tujuan organisasi untuk menciptakan jurnalis yang berkualitas, profesional, dan beretika dalam era digital.

Baca Juga:   Benarkah Kontraktor Kabur? Proyek Jalan Pemprov di Sulsel Soppeng Mandek

Dengan komitmen dan kerjasama yang kuat, Edy Basri optimis bahwa IWO Sidrap akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada dan terus berkontribusi dalam menyediakan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat bagi masyarakat

Diakhir arahannya, Edy Basri menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Rakerda I WO Sidrap yang hadiri, termasuk utusan Polres Sidrap selaku dewan kehormatan dan lainnya, lebih khusus kepad Ketua PD IWO Soppeng Andi Mulyadi Makmun dan Direktur Perusda Soppeng, Muhammad Jufri yang telah turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan itu

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerda I IWO Sidrap, Abdul Majid, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada seluruh anggota panitia dan peserta Rakerda atas keberhasilan acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa Rakerda ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa kerja keras dan dedikasi semua pihak yang terlibat.

Abdul Majid juga mengungkapkan kegembiraannya melihat semangat dan antusiasme yang tinggi dari anggota IWO Sidrap dalam berpartisipasi dalam diskusi dan kolaborasi selama Rakerda. Ia berharap semangat ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pelaksanaan program kerja ke depannya.

Selain itu, Abdul Majid juga menyampaikan komitmen panitia untuk mendukung implementasi program kerja yang telah disepakati dalam Rakerda. Panitia akan bekerja sama dengan anggota IWO Sidrap dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi.

Abdul Majid mengajak seluruh anggota IWO Sidrap untuk tetap berkomitmen, saling mendukung, dan bersinergi dalam menjalankan program kerja. Ia meyakini bahwa dengan kerjasama yang baik, IWO Sidrap akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam dunia jurnalisme online. (*)