Bagikan

SIDRAPTIMUR.COM, BONE – Beragam cara dilakukan untuk mendorong kegiatan peningkatan indeks literasi. Salah satunya dengan meningkatkan pemahaman pentingnya transformasi perpustakaan sebagai inklusi sosial kesejahteraan.

Hal ini mengemuka dalam kegiatan talk show peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di hotel Novena, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Perpustakaan Nasional belerjasama dengan anggota DPR RI Komisi X, Andi Muawiyah Ramli tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.

Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI Dr Adin Bondar, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone A Yuliati, serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bone Dr. Rahmatunnair.

Dalam sambutannya, Bupati Bone menekankan perlunya perpustakan di pelosok desa di Kabupaten Bone mengingat Kabupaten Bone adalah penduduk kedua terbanyak setelah Makassar di Sulawesi Selatan.

“Tentunya dengan pengadaan perpustakaan di desa-desa tak sedikit biaya yang dibutuhkan. Kami harap kolaborasi beberapa pihak untuj mewujudkan hal itu demi meningkagnya minat literasi dan pengembangan SDM di Bone ini,” tuturnya.

Bupati juga berterimakasih kepada delapan desa yang telah meraih penghargaan di bidang literasi.

Adapun delapan desa yang menerima penghargaan literasi tersebut yaitu;

– Kepala Desa Usa Kecamatan Palakka;
– Kepala Desa Sumpang Minangae, Kecamatan Sibulue;
– Kepala Desa Ulaweng Cinnong, Kecamatan Ulaweng;
– Kepala Desa Watu, Kecamatan Barebbo;
– Kepala Desa Bengo, Kecamatan Bengo;
– Kepala Desa Lamakkaraseng, Kecamatan Ulaweng;
– Kepala Desa Mallari, Kecamatan Awangpone

Penghargaan juga diberikan kepada beberapa komunitas literasi di Kabupaten Bone termasuk salah satu polisi yang bertugas di Polsek Ponre, Andi Ikbal Rosani.

Baca Juga:   Azmi Syahputra: Tuntutan Hukuman Mati Jaksa pada TM Sudah Tepat