Bagikan

SIDRAPTIMUR.COM, SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK pimpin langsung apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Lapangan Mapolres Sidrap, Jl. Bau Massepe No.1, Kel. Pangkajene, Kec. Maritengngae, Kab. Sidrap. Rabu (21/6/2023) pagi sekitar pukul 08.00 Wita.

Apel Kasat Kamling dihadiri oleh Sekda Kab. Sidrap Dr. Ns. H. Basra, S.Kep. M.Kes, Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Ari Widarto, Kepala Satpol PP dan Damkar Sidrap Usman Demma, Kasi Pidum Kejari Sidrap, Ady Haryadi Annas, Waka Polres Kompol M.Akib, Rutan Kelas IIB Sidrap, PJU Polres Sidrap, Kapolsek Jajaran, Personel Polres Sidrap, Senkom Mitra Polri, Kasat Kamling.

Dalam arahannya, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK menyampaikan bahwa, Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa”, Ujarnya.

Lanjut Kapolres Sidrap, Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

“Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling”, Jelas Kapolres.

Lebih lanjut, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal”, Tutur Kapolres.

Baca Juga:   Kapolres Sidrap: Waspada Pelanggaran Dalam Operasi Zebra Pallawa 2023

Berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023, menunjukkan bahwa dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

“Saya berpesan kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas”, Pesan Kapolres Sidrap mengakiri Sambutannya. (*)