Sidraptimur.com, Sinjai – Gadis asal Polandia, Weronika Kuras, menikahi seorang pemuda asal Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Randi Guntur, dalam sebuah resepsi pernikahan yang mengikuti tradisi Bugis. Weronika memboyong 27 anggota keluarganya dari Polandia untuk menghadiri pernikahan tersebut, yang berlangsung di Dusun Laiya, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Sulawesi Selatan.

Terlihat, puluhan keluarga Werinika sangat menikmati pesta resepsi pernikahan tersebut. Tak sedikit diantaranya mengaku suka makan kue-kue khas masyarakat Sinjai dan ikut menyanyi bersama dengan keluarga mempelai pria dan tamu-tamu lainnya.

Pertemuan pertama keduanya terjadi di Bali, di mana keduanya bekerja sebagai pemandu wisata. Mereka berteman selama 3 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Randi dan keluarganya melamar

Weronika di Polandia dengan mengikuti adat Bugis dan memberikan cincin sebagai bagian dari proses lamaran.

Tidak ada uang panaik yang diberikan, karena ternyata hal tersebut bukan tradisi dalam pernikahan di Polandia. Resepsi pernikahan mereka sempat tertunda karena pandemi COVID-19, namun akad nikah telah dilangsungkan pada tahun sebelumnya, yaitu 2022.

Setelah resepsi, Randi dan Weronika berencana untuk menghabiskan waktu berlibur di Sinjai dan melakukan perjalanan wisata. Walaupun berbeda budaya dan asal negara, Randi dan Weronika menunjukkan kebersamaan dalam mengikuti adat Bugis dan memadukan elemen-elemen dari budaya Polandia dalam pernikahan mereka yang unik dan istimewa.(*)

Baca Juga:   Sumbangsih Yonif Raider 142/KJ Bagi Dunia Pendidikan di Papua