Sidraptimur.com, Sidrap – Suasana kegiatan di Kompleks SKPD Jalan Harapan Baru Kelurahan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, menjadi semarak pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023. Pukul 10.00 Wita, upacara pembukaan Kemah Pelajar Pancasila tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh Kabupaten Sidrap resmi dimulai.

Dalam upacara yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, terlihat semangat yang berkobar di antara para siswa SMP yang hadir. Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, di antaranya adalah Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto, S.IP., mewakili Dandim/1420 Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol. Turut mendukung dan memberikan semangat kepada para siswa yang mengikuti kegiatan Kemah Pelajar Pancasila. Pasiterdim 1420/Sidrap Letda Inf Murjalil bertindak sebagai koordinator logistik dan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Sidrap Menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam mendukung kegiatan pendidikan yang bertujuan membangun karakter dan kesadaran siswa.

Anggota Kodim 1420/Sidrap selaku pelatih/Pendamping dan pendukung Melibatkan unsur TNI dalam pembinaan karakter dan semangat kebangsaan.

Panitia penyelenggara bertanggung jawab dalam menyelenggarakan kegiatan dengan sukses. Siswa SMP dari 21 Sekolah Se Kab. Sidrap sebanyak 138 orang Para peserta yang akan mengikuti rangkaian acara Kemah Pelajar Pancasila.

Dengan kelancaran dan ketertiban yang terjaga, upacara pembukaan berhasil berjalan hingga pukul 10.30 Wita. Namun, kegiatan tidak berhenti di situ. Setelah upacara, para siswa mendapatkan pencerahan mengenai bahaya narkoba dari Lettu Inf Ratno, S.Sos. Pasiintel Kodim 1420/Sidrap. Materi ini diharapkan dapat membangun kesadaran anti narkoba di kalangan siswa.

Kegiatan Kemah Pelajar Pancasila ini bukan hanya sekadar acara, tetapi merupakan langkah konkret dalam membentuk karakter dan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda. Melalui pemahaman tentang Pancasila dan pencegahan terhadap narkoba, diharapkan siswa-siswa dapat tumbuh menjadi individu yang tangguh, berintegritas, dan berkomitmen terhadap kebaikan bangsa.(Pen/EB)

Baca Juga:   Pimpin Upacara 17-An, Dandim 1420/Sidrap Sampaikan Amanat KSAD