Sidraptimur.com, Sidrap — Sebannyak 22 tim dari wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat turut serta dalam acara Indonesia Offroad Federation (IOF) Merdeka Adventure Sidrap yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023. Acara ini diikuti oleh 73 mobil offroad yang akan menjajal rute sepanjang 96 km yang telah disiapkan oleh panitia. Lokasi camping ground dipilih di Bukit Maccayya Kelurahan Arawa Kecamatan Watang Pulu.

Pada acara pembukaan, perwakilan dari Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, dan Dandim 1420, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, melepas rombongan peserta di Kompleks SKPD Sidrap pada hari Sabtu (26/8/2023). Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Pengda IOF Sulsel, Adi Rasyid Ali, Ketua Pengcab IOF Sidrap, Andi Faisal Ranggong, dan tamu undangan lainnya.

IOF Merdeka Adventure Sidrap diadakan sebagai bagian dari peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia. Acara ini juga melibatkan perayaan HUT Polisi Wanita, HUT Lantas, dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari.

Dalam sambutannya, Andi Faisal Ranggong menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta IOF Merdeka di Sidrap. Ia menjelaskan bahwa jalur yang telah disiapkan akan melintasi area persawahan dan gunung yang indah di Kabupaten Sidrap. Panitia juga telah menyiapkan spot foto di area kincir PLTB. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, serta kepada Pengda IOF Sulsel yang telah memilih Sidrap sebagai tempat penyelenggaraan acara.

Sementara itu, Adi Rasyid Ali menyatakan bahwa IOF Merdeka Adventure Sidrap diadakan dalam rangka perayaan HUT ke-78 RI dan juga sebagai kesempatan untuk silaturahmi para penggemar offroad. Ia juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan kolaborasi antara IOF dengan kepolisian dan TNI. Adi mengapresiasi Pengcab IOF Sidrap dan seluruh panitia yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini dengan meriah, serta mengatakan bahwa Sidrap merupakan salah satu cabang yang paling aktif dalam IOF.

Baca Juga:   Perkuatan Talud Sungai Kalempang: Langkah TNI dan Masyarakat Bersama dalam Penataan Desa dan Perlindungan Lingkungan

Dalam sambutannya, Kapolres Sidrap menyatakan bahwa selain mengasah keterampilan offroad peserta, acara ini juga merupakan wadah untuk mempererat persaudaraan, kekompakan, dan persatuan. Ia berharap agar para peserta juga dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan mencegah pelanggaran serta kecelakaan.

Selain kegiatan offroad, IOF Merdeka Sidrap juga mengadakan berbagai kegiatan seperti lomba keindahan area camping, domino, baris-berbaris, lomba masak, lari kelereng anak, dan lain-lain.