Dandim Sidrap Dorong Koordinasi Dengan Damkar dan Masyarakat Tanggap Karhutlah

Bagikan

Sidraptimur.com, Sidrap, 17 September 2023 – Dalam upaya mencegah dan mengatasi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) di wilayah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika AP., SE., M.I.Pol telah memberikan penekanan kepada seluruh anggota di bawah komandonya. Berikut adalah enam poin penting yang menjadi fokus dalam penekanan tersebut:

Edukasi Masyarakat Saat Membakar Sampah, Kebun, dan Sawah

Salah satu poin penting yang disoroti Dandim Andika adalah perlunya edukasi masyarakat ketika mereka melakukan pembakaran sampah, kebun, atau sawah. Hal ini harus dilakukan dengan mengawasi proses pembakaran dan membuat penyekat agar api dapat terkendali, mengurangi risiko karhutlah.

Bacaan Lainnya

Edukasi Mengenai Pembuangan Puntung Rokok

Selain itu, Dandim Andika juga menekankan pentingnya edukasi masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat menjadi penyebab potensial terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Pemeriksaan Aliran Listrik di Kebun

Dalam upaya pencegahan, masyarakat yang menggunakan aliran listrik dalam kebunnya harus memastikan bahwa sambungan listrik tidak kendor atau mengalami konslet. Hal ini dapat dicek secara berkala untuk menghindari percikan api yang dapat memicu kebakaran.

Pelatihan Protokol Kebakaran

Dandim Andika juga menginstruksikan untuk melatih protokol kebakaran di satuan, dengan melibatkan masyarakat setempat. Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat dan anggota satuan dapat merespons kebakaran dengan lebih efektif dan terkoordinasi.

Koordinasi Dengan Dinas Pemadam Kebakaran

Dalam situasi darurat kebakaran, Dandim menegaskan pentingnya segera berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk penanganan yang lebih baik. Kerjasama yang cepat dan efisien dapat mengurangi dampak kebakaran.

Baca Juga:   Dandim Sidrap Apresiasi Pelaksanaan Kegiatan Babinsa dan Lurah Lakessi

Koordinasi Dengan Damkar dan Laporan Kepada Kodim

Terakhir, Dandim Andika meminta anggotanya untuk selalu berkoordinasi dengan Damkar jika terjadi kebakaran di wilayah mereka. Selain itu, anggota diminta untuk segera melaporkan insiden tersebut kepada piket Kodim untuk percepatan penanganan.

Penekanan ini merupakan bagian dari upaya TNI Angkatan Darat, khususnya Dandim 1420/Sidrap, dalam menjaga lingkungan dan keamanan masyarakat di wilayah Sidrap dari ancaman karhutlah yang dapat merusak lingkungan dan membahayakan warga. Semua anggota diharapkan akan mematuhi petunjuk ini untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lestari. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *