Sidraptimur.com, Sidrap – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Desa Kalempang, Kabupaten Sidrap, telah resmi dimulai pada 20 September 2023, dan menargetkan berbagai sasaran fisik dan non fisik yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Dalam upaya untuk memperbaiki infrastruktur dan meningkatkan kualitas hidup warga, berikut adalah sasaran fisik dan non fisik TMMD ke-118

Untuk Sasaran Fisik, meliputi, Rehabilitasi/Pengerasan Jalan Poros Karebosi – Paraja (Panjang 3.750 M): Salah satu prioritas utama dalam TMMD ke-118 adalah memperbaiki dan mengeras jalan poros penting yang menghubungkan Karebosi dan Paraja, dengan panjang mencapai 3.750 meter. Hal ini akan meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat serta memperlancar transportasi.

Pembangunan 1 Unit Jembatan dan Rehabilitasi 3 Unit Jembatan: Proyek ini akan melibatkan pembangunan satu unit jembatan baru dan rehabilitasi tiga unit jembatan yang sudah ada. Tujuan utamanya adalah memastikan kelancaran lintas sungai yang penting bagi komunitas setempat.

Pembangunan dan Rehabilitasi 15 Unit Duiker: Dalam upaya meningkatkan infrastruktur desa, program ini mencakup pembangunan dan rehabilitasi 15 unit duiker (saluran air kecil). Ini bertujuan untuk mengelola air dan melindungi lahan pertanian dari erosi.

Perkuatan Talut Sungai: Perkuatan talut sungai menjadi upaya untuk mengurangi risiko banjir dan erosi sungai di wilayah tersebut. Ini akan meningkatkan keamanan masyarakat serta melindungi lahan pertanian.

Pembangunan Jalan Produksi Kelompok Tani (Panjang 1.730 M): Pembangunan jalan produksi ini akan memberikan akses yang lebih baik untuk kelompok tani dalam mengelola lahan pertanian mereka. Hal ini diharapkan akan meningkatkan produksi pertanian dan ekonomi lokal.

Sedangkan sasaran non fisik, antara lain, Penyuluhan Hukum dan Narkoba: Masyarakat akan menerima penyuluhan hukum untuk meningkatkan pemahaman tentang hukum dan mencegah penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga:   "Pembangunan Infrastruktur dan Pertanian: Harapan Warga Sidrap di TMMD ke-118"

Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara: Sasaran ini adalah untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan rasa cinta tanah air di kalangan masyarakat.

Penyuluhan Pertanian: Masyarakat akan diberikan penyuluhan mengenai teknik pertanian yang lebih baik, pengelolaan sumber daya alam, dan pemanfaatan sumber daya pertanian secara berkelanjutan.

Penyuluhan Kesehatan: Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan dan mengajarkan prinsip-prinsip kesehatan masyarakat.

Pembagian Sembako dan Sunatan Massal: TMMD ke-118 juga mencakup kegiatan sosial, seperti pembagian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan dan sunatan massal untuk meningkatkan kesehatan anak-anak.

Pembentukan Kampung Pancasila: Masyarakat akan terlibat dalam pembentukan Kampung Pancasila untuk mempromosikan nilai-nilai Pancasila dan persatuan di tingkat desa.

Rehabilitasi 1 Unit Rumah tidak layak Huni: Program ini akan membantu pemilik rumah yang kondisinya tidak layak huni untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih baik.

Pembangunan 2 Unit Jambanisasi: Membangun dua unit jambanisasi akan meningkatkan sanitasi di desa dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar sanitasi.(*)

Komandan Kodim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro., SE., M.I.Pol, yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-118 Desa Kalempang Kabupaten Sidrap, menegaskan bahwa selama periode pelaksanaan TMMD, baik sasaran fisik maupun non fisik ini akan menjadi fokus utama untuk memajukan Desa Kalempang dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Kegiatan TMMD diharapkan akan berjalan lancar dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat.(*)