Bagikan

SIDRAPTIMUR.COM – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H pimpin apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka kesiapan pengamanan pemungutan suara di TPS serta pengecekan Personel dan kelengkapan perorangan pada Polres Sidrap dan jajaran.

Apel pergeseran pasukan (Serpas) di laksanakan di Lapangan Apel Presisi Polres Sidrap, Jalan Bau Massepe No.01, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Senin (12/2/2024).

Apel pergeseran pasukan diikuti oleh Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, S.E.,M.I.Pol, Ketua KPU Sidrap Saharuddin, S.Pd, Kajari Sidrap Hasnadirah, S.H.M.H, Kesbangpol Arsul, Komisioner Bawaslu Asmawati Salam, Waka Polres Sidrap KOMPOL Ahmad Rosma, PJU Polres Sidrap, Kasatpol PP dan Damkar Sidrap Usman Demma, Kapolsek Jajaran, Panwascam dan PPK, Sat Linmas, Satpol PP, Anggota TNI dan Personel Polres Sidrap.

Dalam arahannya, Kapolres Sidrap menyampaikan bahwa, Rangkaian kegiatan pemilu tahun 2024 seluruh Indonesia akan memasuki tahap inti yaitu pemungutan suara yang akan dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu tanggal 14 februari 2024.

“Kegiatan apel pergeseran Pasukan Personel yang kita laksanakan saat ini adalah merupakan kegiatan dalam manajemen operasi mantap brata tahun 2023- 2024 dan sebagai langkah untuk mengecek kesiapan personel dalam pengamanan di TPS Polsek jajaran kewilayahan”, Ujarnya.

Lanjut Kapolres Sidrap, untuk mendukung kesiapan personel pada saat menjalankan tugas pengamanan TPS, para personel dibekali tas ransel yang dapat digunakan untuk membawa kebutuhan harian serta buku saku sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengamanan tps diharapkan agar personel dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Sebagaimana yang kita ketahui pada pelaksanaan pemilu tahun 2024 terdapat 934 tps yang tersebar di 11 kecamatan sedangkan personel polri Polres Sidrap keseluruhan yang dilibatkan dalam pengamanan sebanyak 331 personel”, Jelas Kapolres.

Baca Juga:   Polisi Nyamar, (Undercover Buy) Berhasil Meringkus Pelaku Pengedaran Narkotik

Kapolres mengatakan, Pada acara apel pergeseran pasukan hari ini Polres Sidrap menerima BKO dari Polda Sulsel sebanyak 51 Personel dan personel Polres Sidrap siap pengamanan TPS sebanyak 280 Personel terdiri dari gabungan staf Polres Sidrap dan polsek jajaran.

“Pengamanan TPS di masing-masing kab/kota mempunyai karakteristik kerawanan yang berbeda-beda untuk itu diharapkan kepada personel yang melaksanakan pengamanan tps agar Kenali wilayah yang menjadi lokasi tps dengan melakukan peninjauan dan pengecekan secara langsung di tps H-1 pelaksanaan. Lakukan koordinasi dengan petugas kpps, lakukan silaturahmi dengan tokoh-tokoh formal dan informal di wilayah penugasan”, Tutur Kapolres.

“30 menit sebelum pelaksanaan pemungutan sudah hadir di lokasi tps, cek kesiapan personel pegamanan lain (tni-linmas), cek logistik pemilu (bilik suara, kotak suara, kartu pemilih, nomor urut pemilih, alat pencoblos, tinta, dan lainnya) pastikan dalam keadaan lengkap dan siap pakai”, Sambung Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan, Melarang warga masyarakat membawa barang- barang berbahaya (senpi, senjata tajam) ke lokasi tps, laksanakan pengamanan secara tegas dan tetap humanis. Petugas pam tps berada di luar lokasi tps, tindakan kepolisian dilakukan pada lokasi tps setelah adanya permintaan bantuan dari kpps. Laporkan kepada padal maupun polsek terdekat bila diperlukan perbantuan/ perkuatan tambahan.

“Catat dan dokumentasikan kondisi dan situasi tps sebelum, pada saat dan setelah kegiatan berlangsung. Laporkan secara rutin dan berjenjang pelaksanaan penugasan di tps kepada perwira penanggung jawab. Lakukan pengamanan dan pengawalan logistik pemilu baik dari ppk ke lokasi tps maupun dari tps ke ppk. Membuat laporan akhir hasil penugasan sebagai pertanggung jawaban kegiatan”, Terang Kapolres Sidrap.

Usai Apel Pergeseran Pasukan dilanjutkan dengan penyerahan kunci bangunan Posyandu Kemala Bhayangkari dari Pimpinan Cabang BRI Sidrap kepada Kapolres Sidrap.