SIDRAP – Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sidrap, Edy Basri, diundang sebagai pemateri dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Katasulsel.com, bertempat di Restoran Mallolongeng Kelurahan Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Minggu, 30 April 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Edy Basri memberikan materi tentang teknik penulisan berita yang baik dan benar. Mantan jurnalis Harian Fajar tersebut juga mengurai secara gamblang materi dasar-dasar jurnalistik kepada para peserta berjumlah kurang lebih 50 orang.

“Paling utama yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis adalah memahami dasar-dasar jurnalistik itu sendiri. Juga, bagaimana seorang jurnalis harus selalu berhati-hati dalam menulis berita. Kita harus memperhatikan etika jurnalistik dan tidak menyalahi kode etik profesi,” ujar Edy Basri dalam presentasinya.

Disampaikannya, ada tiga poin penting yang harus dipahami oleh seorang jurnalis terkait dengan dasar-dasar kejurnalistikan tersebut, hal-hal mendasar itu meliputi tentang tiga hal, yakni Wawasan atau Pengetahuan (knowledge), Keahlian atau Keterampilan (Skill) jurnalistik, serta Etika atau Sikap (attititude) yang harus dipunyai oleh seorang pewarta.

Selain itu, Edy Basri juga berbagi pengalaman dan tips dalam mengelola media online, termasuk strategi pemasaran dan penggunaan media sosial sebagai alat promosi.

Peserta kegiatan mengaku sangat terbantu dengan materi yang diberikan oleh Edy Basri. Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu baru dalam dunia jurnalistik dan pengelolaan media online.

“Sangat bermanfaat sekali kegiatan ini, saya bisa belajar banyak tentang jurnalistik dan pengelolaan media online. Terima kasih banyak kepada IWO dan Edy Basri yang sudah memberikan materi yang sangat berharga,” ujar salah seorang peserta kegiatan, Arifin.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas jurnalis, khususnya di internal Katasulsel.com dan Grup, dan juga membantu mendorong perkembangan media online yang semakin berkembang pesat di era digital saat ini.

Baca Juga:   Hari ke-6 Ops Patuh Pallawa 2023, Satlantas Polres Sidrap Tilang Pengendara Tanpa Plat Hingga Bagi Helm

Pada kesempatan tersebut, Edy Basri juga mengajak para peserta untuk terus mengasah keterampilan jurnalistik dan memperhatikan perkembangan teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pemberitaan. Menurutnya, seorang jurnalis harus selalu mengikuti perkembangan zaman agar dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada masyarakat.

“Seorang jurnalis harus selalu belajar dan terus mengasah keterampilan jurnalistiknya. Jangan takut mencoba hal-hal baru dan selalu terbuka terhadap perubahan zaman. Dengan demikian, kita dapat memberikan pemberitaan yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh masyarakat,” pinta Edy Basri.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik ini mendapat apresiasi yang tinggi dari sejumlah pengurus IWO Sidrap. Sekretaris IWO Sidrap, Satry Polang berharap kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala dan menjadi salah satu program IWO Sidrap ke depannya untuk meningkatkan kualitas jurnalis yang tergabung dalam kepengurusan IWO Sidrap.

“Kami sangat berterima kasih kepada IWO dan kakanda Edy Basri yang telah memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas jurnalis, khususnya di Katasulsel.com dan Grup dan IWO Sidrap ini. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat diadakan secara berkala agar jurnalis semakin berkualitas dan dapat memberikan pemberitaan yang berkualitas kepada masyarakat,” ujar Satry Polang diamini Bendahara IWO Sidrap, Ersan

Pada bagian lain, Komisaris PT Katasulsel.com, Muhammad Yusuf menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua IWO Sidrap Edy Basri yang telah berkenan berbagi ilmu dan pengalaman jurnalistiknya

Muhammad Yusuf, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran direksi PT Katasulsel Media Utama yang membawahi dua media online yakni Katasulsel.com dan Sebaran.Katasulsel.com atas terlaksananya kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik itu.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ketua IWO Sidrap, Edy Basri dan juga jajaran direksi PT Katasulsel Media Utama atas kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik yang telah diadakan ini, Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas jurnalis binaan kami,” ujar Muhammad Yusuf, menutup (*)

Baca Juga:   Kodim 1420/Sidrap Sukses Gelar Lomba Menembak dalam Rangka HUT Kemerdekaan ke-78