Sidraptimur.com, sidrap – Anggota Kodim 1420/Sidrap bekerja sama dengan warga masyarakat dengan penuh semangat melaksanakan proyek perkuatan talud Sungai Kalempang yang berlokasi di Dusun 2, Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Selasa, 5 September 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi banjir dan mencegah terjadinya abrasi di bibir sungai yang selama ini menjadi masalah utama bagi penduduk setempat.

Pembangunan talud sungai ini juga memiliki manfaat penting lainnya, yaitu untuk meningkatkan ketahanan Bangunan Masjid At Taufiq yang terletak di sekitar sungai. Masjid ini merupakan tempat ibadah utama bagi warga Desa Kalempang dan menjadi pusat kegiatan keagamaan yang penting. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat bersama anggota Kodim 1420/Sidrap berkolaborasi dengan baik, menunjukkan semangat gotong royong yang tinggi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat militer, antara lain Danramil 1420-05/Dua Pitue Lettu Inf Ratno, S.Sos, Danramil 1420-07/Baranti Lettu Inf Alimuddin, Pgs. Pasiter Kodim 1420/Sidrap Letda Inf Murjalil, Pasilog Kodim 1420/Sidrap Lettu Inf Jumadi, serta perwakilan anggota dari masing-masing Koramil jajaran Kodim 1420/Sidrap. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen dalam mendukung upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I Pol, dalam komentarnya, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kerja sama antara TNI dan masyarakat dalam proyek ini. Beliau juga menekankan pentingnya proyek ini dalam memitigasi risiko banjir dan abrasi yang telah lama mengganggu kehidupan warga sekitar sungai. Letkol Inf Andika Ari Prihantoro juga menambahkan bahwa upaya seperti ini merupakan contoh nyata bagaimana TNI bersama-sama dengan masyarakat dapat menciptakan perubahan positif dalam lingkungan sekitar.

Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong royong dan kebersamaan yang kokoh antara TNI dan warga masyarakat dalam membangun lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk seluruh penduduk di Desa Kalempang. Diharapkan pembangunan talud sungai ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat setempat dan menjadi contoh inspiratif bagi proyek serupa di tempat lain.(*)

Baca Juga:   Khitanan Massal di Desa Kalempang, Kerjasama Kodim 1420/Sidrap, Poskes dan Puskesmas Dongi