Sidraptimur.com, Bantaeng — Anggota DPRD Kabupaten Bantaeng yang terpilih kembali yang ketiga kalinya pada pemilu legislatif 2024 dengan meraih suara yg cukup untuk mengantarkan kembali menjadi anggota DPRD bantaeng di partai Nasdem, H.Muhammad Yusuf, dinilai layak menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng periode 2024-2029.

Pengamat politik Jabal Arafah mengatakan di warkop Racer di jalan Durian Bantaeng, Kamis, 29/2/2924 mengatakan, jabatan ketua DPRD tergantung pada mekanisme internal partai pemenang pemilu di daerah tersebut.

“Pada pemilu legislatif di Kabaupaten Bantaeng partai pemenangnya adalah NASDEM, sehingga menjadi kewenangan senenuhnya bagi NASDEM untuk mengusulkan calon ketua DPRD Kabuptarn Bantaeng tersebut,” katanya.

Jabal menjelaskan, partai politik pemenang pemilu biasanya memiliki semacam aturan tertulis, yakni siapa yang akan menduduki jabatan ketua DPRD, haruslah melihat dan menilai dari berbagai aspek di antaranya ketokohan,kader,serta pengalaman.

“Kalau H.Muh.Yusuf sukses duduk kembali di DPRD dari Nasdem di daerah pemilihannya, saya kira itu faktor yang tidak boleh diabaikan,” kata Jabal.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Bantaeng, H.Muhammad Yusuf, anggota DPRD  dua peridoe ini meraih suara yang cukup untuk menjadikan dirinya kembali terpilih menjadi anggota DPRD di antara caleg Nasdem di dapilnya.

Perolehan suara ini sekaligus menempatkan, H.Muh.Yusuf, sebagai caleg dengan perolehan suara cukup di Internal Nasdem dapil II ini.

“Jadi, kerja keras H.Muh.Yusuf, menjadi mesin elektoral buat partai di daerahnya, sehingga layak dihargai,” kata dia.

Jabal,menambahkan, jabatan ketua DPRD yang diduduki oleh anggota DPRD dan kader tulen juga bagus dari sisi legitimasi politik.

“Terpilih kembali berarti masih meraih mandat dari rakyat. Jadi peraih mandat ke tiga kalinya dari rakyat sangat layak menduduki pucuk pimpinan lembaga perwakilan rakyat,” ujarnya.

Baca Juga:   Andi Aditya Putra, Caleg Muda dari partai Gerindra yang terus Bergerak Bersama Masyarakat

Ia juga menilai, sosok H.Muh.Yusuf  layak sebagai Ketua DPRD juga pas untuk representasi NASDEM sebagai partai yang merakyat.H.Yusuf di kenal sebagai Ketua Partai Nasdem Pertama di bantaeng ,sebagai Ketua partai pertama beliu mampu mendudukkan tiga kursi sekaligus menjadi menjadikan dirinya anggota DPRD priode pertamanya pada priode 2014-2019,pada pemilu berikutnya kembali terpilih pada Tahun 2019-2024 di Bantaeng dengan merahi suara terbanyak di Nasdem,pada pemilu Tahun ini  2024 kembali lagi mendulang suara terbanyak  di internal Nasdem dapil II yg meliputi kecamatan Bissappu kecamatan Sinoa dan kecamatan Uluere ini akan semakin memperkuat NASDEM di akar rumput.

“Soal jabatan ketua DPRD, semua itu tergantung pada mekanisme internal partai masing-masing,” kata Jabal..(dirga)